-->
MEMAHAMI CARA MEMBUAT GRAFIK DAN DIAGRAM
SISWA DISURUH MENYAJIKAN DATA SECARA GRAFIK DAN DIAGRAM
Langkah langkah yang dilakukan :
1.
Siswa
disuruh mencatat siswa yang lulus dari sekolahnya dari tah 2009-2012
2.
Siswa
disuruh membuat urutan data tersebut dalam bentuk grafik,yaitu dengan mengurutkan
data dari tahun 2009 ke tahun 2012 dan data tersebut adalah 1020,2500,1000,750,(
jumlah siswa perempuan ) dan jumlah siswa laki-laki yaitu:780,700,900,1000,
3.
Siswa
dibimbing memasukan data yang telah dibuat kolom-kolom grafik oleh guru.
NO
|
TAHUN
|
PEREMPUAN
|
LAKI-LAKI
|
JUMLAH
|
1
|
2009
|
1020
|
780
|
1800
|
2
|
2010
|
2500
|
700
|
3200
|
3
|
2011
|
1000
|
900
|
1900
|
4
|
2012
|
750
|
1000
|
1750
|
Siswa telah mengerti cara
memasukkan data kedalam bentuk grafik.Selanjutnya siswa di beri tugas
memasukkan data tersebut dalam bentuk diagram lingkaran.
Langkah-langkah yang dilakukan:
JUM LAH NILAI
|
JUMLAH SISWA
|
100
|
5
|
80-99
|
15
|
65-79
|
12
|
< 65
|
8
|
2.
Jumlah
nilai siswa yang nilainya 100 dibagi dengan jumlah siswa seluruhnya kemudian
dikali dengan 3600 .Sebagai contoh: guru membuat contoh perkalian sebagai
berikut:jumlah siswa yang nilainya 100 adalah 5 maka perhitungan derajatnya adalah :
x 3600 = 450
3.
Untuk
selanjutnya siswa disuruh meneruskan langkah-langkah yang dtunjukkan pada
contoh.
4.
Selanjutnya
siswa dibimbing membuat gambar suatu lingkaran dan membagi lingkarang tersebut menjadi
empat bagian sesuai dengan derajat yang didapat sesuai ketentuan nilai –nilai yang ada pada
grafik,dan membuat gambar berwarna
sehingga terbagi dalam warna yang beraneka sehingga menjadi lebih menarik
5.
Setelah
siswa melakukan perhitungan maka didapat urutan hasilnya seperti dibawah ini:
6.
x 3600 = 1350
,
x 3600 = 1080,
x 3600 = 720,
x 3600 = 450
7.
0 ,720,1080,1350 ( dalam derajat
)
8. Dalam persen dengan hitungan sbb:
9.
x 100 % = 37,5 % ,
x 100 % = 30 %,
x 100 % = 20 % , ,
x 100 % = 12,5 %
10. Selain menggambarkan pada suatu karton siswa juga
disuruh menggunting kertas tersebut sesuai dengan persen dan derajatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar