-->
Langkah-langkah
yang dilakukan :
1.
Siswa disuruh membuat garis bilangan atau skala
yang berukuran dari angka dibawah nol dan di atas nol seperti pada gambar
dibawah ini :
2.
Selanjutnya siswa disuruh mengerjakan soal
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga yang
telah disediahkan,yang mana alat peraga yang berupa scala ukuran tersebut
merupakan gambaran dari himpunan bilangan bulat.Soal yang disajikan adalah sbb:
3.
Untuk aturan perkalian bilangan bulat berlaku :
-
X - =
+ ( negatif kali negatif sama dengan positif )
+ X -
= - ( positif kali negatif sama dengan
negatif )
+ X +
= + ( popsitif kali positif sama dengan positif
)
Dan perkalian ini sering digabung dalam operasi penjumlahan maupun
pengurangan seperti contoh yang tertera diatas,yaitu pada soal :
-5 – ( - 2 ) dimana pada soal
ini terdapat perkalian antara negatif kali negatif sama dengan positif sehingga
operasi penjumlahan menjadi :
-5 + 2 dan ini baru ditunjukkan pada garis bilangan.
Selanjutnya
siswa disuruh mengambil kesimpulan dari contoh yang telah dipaparkan tsb.
NB : Pada
penjumlahan / pengurangan untuk angka yang besar kita tidak mungkin menggunakan
garis bilangan maka kita berpedoman dengan hal-hal berikut :
1.
-200 + 100 = -100 dan ini bisa kita nyatakan bahwa tanda yang
dipakai adalah tanda dari angka yang lebih besar ,selanjutnya angka yang
bertanda lebih besar dikurang dengan angka yang lebih kecil ( 200-100 ) = 100
,tanda yang kita pakai adalah tanda negatif,sehingga penjumlahan tersebut
menghasilkan -100.
2.
– 300 – 400 = - 700 ( tanda pada operasi
pengurangan adalah sama ) maka dalam hal ini berlaku penjumlahan dan tanda yang
dipakai adalah tanda negatif. Sehingga operasi tersebut dapat ditunjukkan
sebagai berikut :
300 + 400 = 700 menjadi – 700 ( karena tanda
operasi tsb.sama )
3.
500-100
= 400 ( tanda yang kita pakai adalah
tanda positif )
‘
SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES “
Tidak ada komentar:
Posting Komentar