Minggu, 23 Desember 2012

MEMAHAMI ALJABAR DGN PERMAINAN ULAR TANGGA

-->



MEMAHAMI ALJABAR DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA

LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKUKAN:
1.      Siswa disuruh mengambil dadu yang mempunyai mata : 6,5,4,3,2,1 spt gambar dibawah ini:


2.      Selanjutnya siswa disuruh mengambil papan permainan ular tangga spt gambar dibawah ini:


3.      Pada kotak yang berisi angka kita padankan dengan kotak kunci yang kita beri rumus aljabar ,dan kotak kunci tersebut adalah sebagai berikut:

KOTAK KUNCI
17  ( 2n +1 )
18  ( n+2 )
19  (12n : n)
20  (5n-4 )
16  (3n+ 0 )
15  ( 10n – 6 )
14 ( 2n -2 )
13 ( 2n + 8 )
9   ( n+10 )
10  ( 2n+2  )
11 ( 20n-6)
12 ( n+n)
8   ( 4n- 4 )
7    (n+ 12)
6   ( 3n + 10 )
5  ( n+ 12 )
1   ( 8n: 2 )
2    ( 4n+ 4 )
3   ( 4n + 2 )
4  ( n-4 )

4.      Siswa disuruh memulai permainan dengan melakukan undian ,yaitu dengan mengocok anak buah dadu,apabila anak buah dadu yang dikocok siswa keluar angkanya lebih besar maka siswa tersebutlah yang memulai permainan.
5.      Ketentuan permainan yaitu :
Apabila siswa mengocok dadu dan keluar angka maka angka yang keluar disesuaikan dengan kotak kunci.Contoh: mis.angka yang keluar 2 maka kita lihat angka pada kotak kunci dimana pada kotak kunci sudah terdapat suatu rumus,dan angka yang kita dapat itu adalah yang merupakan penyelesaian dari n.Jadi apabila angka dua yang didapat maka penyelesaian rumusnya adalah : ( 4x2 ) + 4=12 maka dadu siswa bergerak keangka 12.
6.      Begitulah permainan dilakukan secara bergantian.



“SELAMAT MENCOBA SEMOGA SENANG
DAN MAHIR BERHITUNG ALJABAR”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar